seorang wanita [lagi]

Standard

entah apa yang membuat mata saya tidak mau tertutup dan tubuh saya tidak berbaring beristirahat walau sejenak.. saya terusik dengan sesuatu yang sudah lama ingin saya tulis.. ingin saya sampaikan.. sebelum ingatan ini memudar..

saya bertemu [lagi] dengan salah seorang wanita ‘hebat’ Indonesia. Asalnya dari Blitar, umurnya hampir 70 tahun.. beliau sendirian naik kereta dari rumahnya menuju rumah anaknya di Jember, dengan tujuan –> “Pamitan mau berangkat umrah” katanya. [Subhanallah].. dan seperti layaknya cucu dan nenek yang lama tidak bertemu.. cerita pun mengalun indah seiring perjalanan kami menuju kota tujuan masing-masing. She was amazing.. She amaze me.. for everything.. she tell me Alles.. Alles ueber liebe.. #loh

setidaknya saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dan pesan – pesannya tentang ‘hidup’.. bagaimana beliau bercerita dengan luwesnya.. bagaimana beliau berbicara agar tidak terkesan pamer.. bagaimana beliau berusaha mengerti ‘bahasa’ saya.. dan yang paling penting adalah beliau melakukan semuanya dengan niat –> beribadah pada Allah🙂 Subhanallah.. she is so humble.. beliau bercerita pada saya kesehariannya.. apa yang beliau lakukan.. bagaimana ‘hidup’nya dulu dan sekarang.. dan sebagainya dan sebagainya..

beliau hidup sendiri di sebuah rumah sederhana di perbatasan Blitar-Malang.. kesehariannya adalah menjahit.. beliau menerima pesanan jahitan dari tetangga di sekitar rumahnya.. beliau masih bisa memasukan benang pada jarum tanpa bantuan lo.. sekalipun itu adalah kacamata..  ‘keahlian’ khususnya adalah mengurus jenazah.. beliau bilang pada saya, “Orang – orang selalu mencari saya kalau ada seorang yang meninggal, untuk diuruskan ‘segala’nya” [Subhanallah] selain itu, beliau juga berkebun.. beliau juga suka jalan tiap hari.. katanya.. “Kalau di hitung kira-kira ya 3km PP (pulang-pergi), nduk” [Subhanallah] terus beliau juga bilang sama saya, kalau [Alhamdulillah] sampai sekarang, beliau belum ada keluhan apapun mengenai kesehatannya.. Allah… Allah.. Ya Rabb.. Subhanallah.. semoga Engkau selalu melimpahkan rahmatMu padanya.. sehatkanlah beliau selalu.. 

beliau juga hobi membaca.. beliau bilang kalau bukunya di rumahnya, lumayan gak sedikit..🙂 dan majalah kesukaannya adalah Hid*y*tull*h.. beliau membaca apapun terutama buku-buku tentang agama.. beliau suka beli buku di Ampel-Surabaya.. beliau juga suka kalau di mintai tolong tetangganya untuk membelikan buku, atau kadang kalau ada seseorang yang suka sama bukunya, beliau kasih langsung.. hmmm…

beliau juga menceritakan sedikit tentang ‘cerita’ hidupnya.. anak – anaknya.. suaminya.. dan dengan rasa ‘tidak bosan’ sama sekali.. saya dengarkan dengan seksama, sekali bertanya.. dan sebagai gantinya.. saya juga bercerita tentang ‘bagaimana’ saya.. menanyakan sesuatu hal.. meminta pendapat akan suatu hal.. dan berbicara apapun.. Subhanallahnya.. kok kami berdua nyambung ya? ckckck.. padahal juga baru ketemu..

Well, yang saya dapat dari perjalanan saya kemarin adalah :

  • hidup itu harus ikhlas
  • niatkan semuanya karena Allah
  • jangan lupa shodaqoh dan silaturahmi
  • don’t worry be happy.. Allah always be with you..

Mbah Sum, terimakasih.. terimakasih atas semuanya.. terimakasih permen kayu putihnya, permen mintnya, es kacang ijonya.. semuanya.. Ya Rabb.. terimakasih atas pertemuan 18000 detik-nya.. lindungilah beliau.. selalu.. semoga Engkau menghendaki aku untuk bertemu dengannya.. Mbah Sum, saya kangen..

seperti wanita Indonesia pada umumnya, wajahnya sederhana.. sesederhana ‘hidup’nya, hatinya.. pasrah, bukan berarti kalah.. karena hidup ini cuma mampir.. “Apa lagi yang dicari kalau sudah seperti Mbah ini, nduk? Lek nandur apik mengko jujule yo apik.. nanduro sing apik apik.. ben uwohe yo apik apik..”🙂 hmmm… kurang lebih terjemahannya seperti ini : Tanamlah yang baik – baik.. biar buahnya juga baik – baik.. Berbuat baiklah.. biar nanti balasannya juga baik..

*sigh* hmmm…. thanks God.. for keeping me in my 7220 days.. I’am nothing without You, Your Majesty.. Thanks for everything You’ve given and will given to me..🙂 Always love You..

Leave a Reply

