makan makan

Standard

Makan adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari hari.. sehari tiga kali.. buat yang diet mungkin duakali atau sekali dalam sehari.. atau bahkan gak makan sama sekali.. hehe

I just wanna show you all, something about makan .. makanan dan semuanya       tentang MAKAN..🙂 karena gak bisa di pungkiri, saya, kamu dan semua orang di dunia ini butuh makan. Butuh asupan gizi.. butuh sesuatu untuk di masukan dalam mulut (baca: makanan) untuk dicerna oleh petugas proses pencernaan di tubuh kita. Kata ibu, dulu waktu masih kecil, ‘Makan yang banyak nduk .. biar ndak sakit…” Mungkin arti dari kalimat ini kurang lebih seperti ini :

  • Kalau tidak makan berarti tidak asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh
  • Kalau tidak ada asupan gizi yang masuk, petugas pencernaan berhenti kerja
  • Kalau mereka berhenti kerja tubuh bakal sakit.. soalnya cuma diem aja kerjaannya..

Yah… seperti itulah kira-kira analisis sederhana saya tentang kalimat Ibu saya..

Makan sudah jadi hobi buat saya.. Kuliner.. Jajanan pasar.. Masakan khas daerah.. Semuanya.. semua yang berhubungan dengan makanan.. saya suka! tapi saya gak cuman suka makan aja.. tapi (nyoba) juga suka masak.. yah.. walaupun masih amatiran siih.. tapi saya suka.. Ibu pernah cerita kalau dari kecil, saya dan adik saya itu (alhamdulillah) gak pernah kekurangan gizi.. Ibu selalu nyiapin semuanya, (termasuk asupan makanan bergizi) untuk saya dan adik saya.🙂

Alhamdulillah saya beruntung karena tidak mempunyai alergi makanan. Saya suka apa aja yang bisa dimakan dan dimasak.🙂 Saya tertular Ibu saya untuk tidak bisa membiarkan sayuran tergeletak begitu saja di meja makan.. (baca: masak). Saya sedang belajar dan terus belajar.. mencoba dan terus mencoba.. bagaimana cara masak yang baik dan benar..

Saya juga ingat, Ibu saya pernah bilang.. “Jangan cuma lauknya aja yang dihabiskan.., sayurnya juga dong..”🙂 hehe, ketahuan banget ya kalo saya suka makan ikan.. :)v Sayur dan ikan itu penting lo.. untuk asupan gizi tubuh kita.. Kalo mengingat jaman SD dulu.. Ibu Guru pernah bilang masalah 4 sehat 5 sempurna.. seingat saya, itu terdiri dari:

  • Makanan pokok (nasi, jagung, …)
  • Lauk pauk (ikan, daging, …)
  • Sayur Mayur (bayam, sawi, kangkung, …)
  • Buah – Buahan (apel, jeruk, strawberry, …)
  • Susu

Bener gak sih? yah.. kurang lebih seperti itulah..🙂

Akhir pekan lalu saya dan Ibu berduet di dapur untuk masak Spaghetti bareng.. yah.. Subhanallah.. rasanya manstap! Mak nyus, kata pak Bondan..🙂 Terus malam sebelumnya saya di hadiahi cumi asam manis dan cah kangkung seafood sama Bapak.. Love you Pap.. :* Kalau mau tahu gambarnya.. silahkan disimak..

             <– ..cumi asam manis dan cah kangkung.. –>

Dari dulu, cumi asam manis dan cah kangkung dari Restoran seafood deket rumah emang maknyus.. gak ada duanya deh… Kalo boleh cerita sedikit nih ya… di dalam lautan saus Sang cumi goreng tepung.. terdapat campuran asik bombay, nanas, mentimun, cabe rawit, dan  bumbu serta rempah penyedap masakan lainnya.. hmmmmmm Subhanallah… es smeckt sehr lecker.. Kalo di cah kangkungnya, yang bikin spesial adalah campuran seafood.. kira – kira terdiri atas: cumi, bakso sapi, udang, ayam, daging sapi. :d :d :d ssllrrpp… Manstap sekali Sodara.. Sodara.. !!😀

Baiklah.. cukup sekian obrolan kali ini tentang makanan.. dan nanti kita lanjutkan lagi… See ya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s